Tampil Segar Setelah Melahirkan, Dengan Obat Alami



Tampil segar setelah melahirkan, siapa yang tidak mau. Kadang kerap seorang ibu keteteran dalam soal satu ini. Ada cara yang mudah dan murah dengan obat alami. Caranya?

Saat mendebarkan, membahagiakan sekaligus menguras tenaga bagi seorang ibu adalah melahirkan. Biasanya pasca persalinan kesibukan seorang ibu “luar biasa”, mengurus buah hati, kondisi fisik yang belum begitu pulih hingga agar tampil kembali segar dan Rahim bersih usai melahirkan. 

Caranya gampang dan murah dengan memanfaatkan ramuan buatan sendiri dari aneka tanaman berkhasiat obat. Salah satunya adalah dengan minum air perasan bangle parut (Zingiber purpureum) yang dibubuhi sedikit air masak. Boleh juga dibubuhi gula batu agar tidak terlalu pahit dab langu. Zat minyak atsiri (sinoel, pien, seskueterpen), tanin serta damar akan segera memulihkan kesegaran dan tenaga usai melahirkan. Selain itu, juga berkhasiat untuk membersihkan Rahim. 

Agar perut kecil sehabis melahirkan,
  • Usapkan bangle parut ke perut dan pinggang, lalu tutup kencang dengan stragen atau sejenisnya.
  • Pilihan lain, air rebusan tapak liman alias tutup bumi. Caranya, didihkan seluruh bagian tanaman, lalu dinginkan dan saring.
Khasiatnya sama seperti bangle, ditambah lagi kemampuan mencegah terjadinya radang pada luka persalinan serta menyembuhkan pembengkakan.
Zat berkhasiat obat yang ada didalamnya adalah glukosida, kantanol, deoksielefantofinm strerol dan lupeol.
  • Cara lain dengan memanfaatkan bunga kenanga dan kunyit : Haluskan keduanya, tambahkan air masak, peras lalu saring. Minum setelah dibubuhi madu dan gula merah iris.
Zat obat yang ada di dalam ramuan ini, selain mempunyai khasiat seperti yang disebutkan diatas, juga dapat merangsang nafsu makan dan mencegah perut kembung.

Untuk membersihkan Rahim dengan memanfaatkan cabe jawa (Piper Retrofractum), kayu secang, ginjean alias seranting, maupun lengkuas. Bahan-bahan tersebut bisa digunakan sendiri-sendiri maupun di campur (tidak lebih dari 2 macam) untuk meningkatkan khasiatnya. Bisa pula dicampur dengan bahan obat pemulih tenaga. Kecuali lengkuas, bahan-bahan tersebut bisa diperoleh pada toko bahan jamu.

Untuk menyerap khasiat cabe jawa, kayu secang dan ginjean, didihkan bahan-bahan tersebut kurang lebih selama 30 menit. Lengkuas sebaiknya diparut, kemudian bubuhi air masak lalu saring. Minum secara teratur hinga 4-7 hari setelah melahirkan.

Sementara itu untuk menyembuhkan luka persalinan pada daerah intim bisa lebih cepat sembuh jika rajin minum air rebusan bunga jepang. Pohon peneduh berbunga pink keunguan ini lazim disebut juga bungur kecil. Yang dimanfaatkan adalah seluruh bagian tanaman yang kaya akan senyawa kagerstoemin, sterol, asam metilagat dan lagerin.

Tanaman lain yang bisa dimanfaatkan adalah sembang getih atau darah alias remek daging, yaitu perdu yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar yang paling banyak menyimpan zat berkhasiat obat adalah bagian akarnya, terutama senyawa sterol dan tanin. Rebus kurang lebih 10 cm akar sambaing darah hingga air rebusan berkurang, lalu minum. Boleh juga memanfaatkan batangnya yang sudah tua (dekat pangkal tanaman)

Semak liar seperti senggani, herendong, kemaden alias senduduk juga berkhasiat serupa. Untuk mengeluarkan zat tanin yang tersimpan didalamnya, rebus daun dan batangnya, lalu air rebusannya diminum. Boleh juga minum air rebusan daun dewa yang dihaluskan. Tanaman liar yang sarat zat obat seperti minyak atsiri flavonoid dan saponin ini dinamakan juga sambit atau beluntas cina.

Pengobatan dengan cara diminum ini seyogyanya disertai pengobatan luar, yakni membasuh luka persalinan di daerah intim dengan air rebusan atau seduhan daun sirih yang masih hangat. Caranya, rebus air sampai mendidih, lalu segera matikan api dan masukkan daun sirih yang sudah diremas-remas. Tutup rapat, tunggu sampai hangat.

Air pembasuh ini banyak mengandung minyak mudah menguap serta kavibetol dan alilprokatekol yang sangat ampuh untuk mencegah radang dan mengenyahkan gatal-gatal. Pembasuhan bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

Selamat mencoba, selamat tampil prima semoga bermanfaat.

Majalah Nabila edisi 11/2005

2 comments:

Unknown on 19 November 2014 at 12:28 said...

KISAH SUKSES JADI PNS
Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesang singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2011 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 BEKASI TIMUR, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk DR.SULARDI,MM no tlp beliau: 0853-5253-3456 siapa tau beliau masi bisa membantu anda Terima kasih.

d on 2 August 2015 at 09:45 said...

Nice Post gan ,Semoga blognya tetap lancar
Forum AnimeKunjungannya gan
Rekomendasi anime indonesia
Anime News Indonesia
Reccomend Game
Forum Anime Indonesiadsaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

 

To Be Smart Everything ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)