Tips Sukses Debat Bahasa Inggris dan Indonesia



Satu hal yang harus anda lihat pada debat adalah gaya berbicara yang berbeda dengan pesaing. Gaya berbicara mungkin salah satu aspek berdebat yang cukup sulit untuk di ajarkan. Anda harus mengembangkan gaya Anda sendiri dan sebaiknya datang secara alami dari diri Anda. Namun ada beberapa hal yang harus diingat.

1. Anda harus berbicara dengan jelas dan cukup keras sehingga suara Anda dapat didengar oleh semua orang. Ingat juri akan duduk ke arah belakang lorong jadi setidaknya mereka harus mampu mendengar apa yang Anda katakan jika Anda memiliki kesempatan untuk menang. Namun Anda tidak harus berteriak seperti lorong-lorong umumnya telah dirancang sedemikian rupa sehingga suara Anda akan membawa ke arah belakang.

2. Cobalah untuk menghindari monoton. Jika Anda membuat poin penting menggunakan suara untuk stres dan membuatnya menonjol. Cobalah untuk perlahan-lahan meningkatkan stres dan kekuatan di balik suara Anda saat Anda pergi melalui pidato Anda. Membangun hingga titik tinggi dan membuat titik penting dari pidato Anda. Namun tidak membawa penonton pada rollercoaster. Jangan mulai tinggi, jatuh, membangun-up dan jatuh lagi, tampak seolah-olah Anda hanya yakin tentang kebenaran setengah pidato Anda.

3. Jaga kontak mata dengan penonton dan tidak menatap podium. Itu akan lebih mudah untuk melakukan ini setelah beberapa pengalaman dan sekali Anda menggunakan catatan sedikit. Beberapa orang suka untuk memilih individu dalam penonton dan melihat mereka. Yang lain hanya berbicara kepada penonton secara keseluruhan. Namun Anda melakukannya pastikan untuk memindai penonton dan memindahkan pandangan Anda ke berbagai bagian aula teratur.

4. Gunakan bahasa tubuh Anda untuk membuat cadangan bicara Anda. Jika Anda berdiri kaku dan tidak bergerak maka Anda akan merasa sangat sulit untuk memiliki keyakinan yang nyata dalam suara Anda. Gunakan lengan dan ekspresi wajah untuk menyampaikan emosi Anda dan back up pidato Anda. Namun jangan berlebihan, Anda ingin perhatian penonton akan difokuskan pada pidato Anda tidak lengan. Cobalah untuk tidak memiliki apa-apa di tangan Anda. Beberapa orang ingin membawa pena dan akhirnya melambaikan tentang seperti tongkat yang dapat mengalihkan perhatian juri. Jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu menggunakan kartu indeks.

5. Anda tidak harus berdiri ketat di belakang podium. Bergerak sedikit dan menghadapi berbagai bagian dari penonton pada waktu yang berbeda. Rupanya penelitian telah menunjukkan bahwa orang cenderung lebih suka untuk dapat melihat seluruh orang seperti ini seharusnya untuk menunjukkan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun. Namun, sekali lagi, jangan berlebihan. Ini mengganggu orang (dan yang lebih penting adjudicator) jika Anda berjalan terlalu jauh dari podium. Cobalah untuk tidak pergi lebih dari 1-2 meter dari podium. Salah satu cara untuk memastikan ini adalah untuk meninggalkan catatan di podium, Anda akan menemukan diri Anda enggan untuk bergerak terlalu jauh dari mereka.

6. Jangan terlalu rumit. Jika argumen Anda terlalu rumit orang mungkin mengalami kesulitan mengikutinya. Jangan gunakan kata-kata Latin 15 suku kata ketika 2 suku kata dalam bahasa Inggris akan dilakukan. Ingat Anda sedang mencoba untuk meyakinkan penonton bahwa argumen Anda adalah yang terbaik dan tidak yang Anda anggap bakat Anda terbuang pada mereka (bahkan jika itu adalah).

7. Gunakan humor untuk membantu memenangkan penonton dan membuat pidato Anda menonjol. Jika Anda memiliki bakat alami untuk komedi atau menirukan dll maka gunakanlah. Jika tidak maka jangan khawatir tentang hal itu, bahkan yang paling serius dari kita bisa lucu di kali (bahkan sering tanpa makna itu). Anda dapat bekerja di luar merendahkan sedikit dan satu kalimat di muka tapi hati-hati. Jika lelucon terdengar terlalu siap daripada mungkin bom. Cobalah untuk membuatnya terdengar spontan dan itu lebih mungkin berhasil.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah melihat pembicara lain dan melihat bagaimana mereka menggabungkan berbagai elemen. Percobaan dengan gaya yang berbeda dan mencoba untuk menemukan satu yang Anda merasa nyaman dengan. Namun satu-satunya cara nyata untuk mengembangkan gaya yang baik adalah mencoba untuk berbicara secara teratur dan mendengarkan saran dari juri dan debat lebih berpengalaman

2 comments:

Unknown on 12 November 2014 at 00:34 said...

keren blog mu li ada iklannya

Lms on 12 November 2014 at 02:51 said...

Iya yon. Alhamdulillah aku keterima. Aku bakal rajin posting yon. Sukses juga buat kamu ya, kita sama2 sukses. :)

 

To Be Smart Everything ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)